Diskominfosantik Gumas – Enam Belas Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dalam hal ini adalah Diskominfosantik Gumas selaku Mitra Kerja Sama melakukan penandatanganan Perjanjian  Kerjasama Pemanfaatan Sertifikat Elektronik dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang digelar di Aula BSSN, Depok-Jawa Barat (kamis, 21/7/2022).

Kepala Dinas Kominfosantik Gumas Ruby Haris turut hadir dalam acara tersebut yang didampingi oleh Pejabat Fungsional Sandiman Agus Susilo Vedy serta Analis Tata Kelola Keamanan Siber Dio Febrilian Tanjung.

Terkait hal tersebut, BSSN melalui UPT Balai Sertifikat Elektronik (BsrE) memberikan layanan sertifikasi elektronik yang bertujuan untuk memberikan dukungan keamanan informasi dalam pelaksanaan e-government sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik.

BSrE juga telah resmi menjadi Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Instansi dari Kementerian Kominfo RI.

Adapun ruang lingkup kerja samanya meliputi penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan Sertifikat Elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada masing-masing instansi, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemanfaatan Sertifikat Elektronik.

Dalam sambutannya Plt. Sekretaris Utama BSSN Y.B Susilo Wibowo mengatakan “layanan Sertifikasi Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) BSSN telah berkontribusi pada penghematan keuangan negara yeng mencapai kurang lebih 1,5 Triliun Rupiah setiap tahun,” ucapnya.

Ia pun menambahkan “angka ini terus berkembang seiring perluasan pemanfaatan Layanan Sertifikat Elektronik BSrE BSSN baik dari aspek penggunanya maupun dari aspek pemanfaatan fungsinya,” tukasnya.

Turut hadir Kepala BsrE Jonathan Gerhard Tarigan, Sekretaris Daerah, Kadis Kominfo Mitra Perjanjian Kerja Sama serta Pejabat di lingkungan BSSN.