TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN PELAYANAN

TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN PELAYANAN

A.   Tantangan pengembangan pelayanan Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian

Tantangan yang diperkirakan dihadapi dalam kurun waktu selama 2016-2019 dalam rangka pengembangan pelayanan Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian.

1.   Kondisi dan letak geografis pemerintah Kabupaten Gunung Mas yang begitu luas dengan struktur perbukitan akan menyulitkan dalam menyampaikan informasi tentang perkembangan pembangunan Pemerintah Daerah dan belum tersedianya infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Gunung Mas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pemerataan aksesibilitas telekomunikasi;

2.   Ketersediaan kegiatan berupa fasilitasi layanan penyediaan informasi publik pemerintah daerah, layanan penyelenggaraan komunikasi publik, dan layanan pengelolaan penyelesaian sengketa informasi publik;

3.   Budaya masyarakat masih berpola pikir tradisional dan konferensional sehingga kemajuan teknologi tidak dapat diikuti perkembangannya  terutama di daerah-daerah terpencil;

4.   Banyaknya tuntutan dari masyarakat terhadap transportasi informasi yang mudah diakses terhadap data informasi dan dokumen perencanaan pembangunan daerah dan penyelenggaraan Pemerintah Daerah;

5.   Penertiban operator lokal dari Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB);

6.   Masih rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam mentaati peraturan serta tingginya jumlah pelanggaran UU ITE;

7.   Terbatasnya sarana dan prasarana komunikasi;

8.   Keterbatasan anggaran di Dinas Komunikasi dan Informatika;

9.   Terbatasnya SDM bidang Komunikasi dan Informatika; dan

10.   Masih relatif lemahnya koordinasi antar SOPD.

 

B.    Peluang Pengembangan Pelayanan Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian

1.   Letak geografis Kabupaten Gunung Mas dengan struktur perbukitan akan menjadi daya tarik investor untuk berinvestasi di bidang IT melalui pembangunan pemancar penghubung / tower;

2.   Sosialisasi dan komunikasi yang dapat diterima oleh masyarakat melalui media eletronik penyiaran radio, website yang mudah diakses, sehingga akan merubah pola pikir masyarakat akan pentingnya informasi dan teknologi;

3.   Menyediakan portal, website yang mudah diakses terhadap data informasi dan dokumen-dokumen tentang perencanaan perkembangan pembangunan daerah dan penyelenggaraan pemerintah daerah antara lain Buku Kabupaten Dalam Angka, Kecamatan Dalam Angka, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Profil Daerah, Updating Data Kemiskinan yang faktual dan update setiap harinya;

4.   Menyelenggarakan pelatihan, diklat peningkatan kapasitas aparatur Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian, Kabupaten Gunung Mas terhadapa pemahaman teknologi informasi serta perkembangan teknologi:

5.   Semakin tingginya pemanfaatan perangkat komunikasi oleh masyarakat;

6.   Adanya Pendapatan Asli Daerah dari pengendalian menara komunikasi;

7.   Adanya Pendapatan Asli Daerah dari pengendalian Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB);

8.   Dukungan Pemerintah dalam pemenuhan sarana dan prasarana fasilitas perlengkapan alat komunikasi;

9.   Adanya kesempatan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan bidang Komunikasi dan Informatika;

10.   Dukungan anggaran di Dinas Komunikasi dan Informatika; dan

11.    Dengan jangkauan komunikasi dan informatika keseluruh pelosok pedesaan diharapkan akan mampu menambah pengetahuan dan wawasan yang merata keseluruh masyarakat sampai kepedesaan dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi dan komunikasi.

 

Contact Us

Jl. pangeran diponegoro no. 02 kuala kurun

-

diskominfo@gunungmaskab.go.id